Berlaku Mulai: 21 Februari 2023
 

KEBIJAKAN PRIVASI PLATFORM BRI SMART BILLING

 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) ("BRI" atau “Kami”) sepenuhnya menyadari bahwa perlindungan data pribadi merupakan hal penting, sehingga Kami berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan data pribadi Anda terkait dengan penggunaan BRI Smart Billing (“Platform”).

Kami meminta Anda untuk membaca dan memahami kebijakan privasi Kami untuk mengetahui dan memahami pemrosesan data pribadi dalam Platform Kami.

 
  1. Informasi Tentang Kami

    BRI Smart Billing adalah platform aplikasi yang digunakan oleh nasabah BRI untuk pengelolaan invoicing/billing. Dengan menggunakan BRI Smart Billing, para pelaku usaha akan lebih mudah, murah, dan cepat dalam melakukan pengelolaan tagihan atau piutangnya. Untuk mengetahui tentang BRI Smart Billing lebih lanjut silahkan kunjungi web kami pada tautan berikut: Tentang kami

  2. Bagaimana Kami Mengumpulkan Data Pribadi Anda?

    Dalam rangka pemrosesan data pribadi dan penggunaan Platform, Kami dapat mengumpulkan dan menggunakan data pribadi Anda dalam berbagai macam bentuk dan tujuan (termasuk tujuan yang diizinkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku), berikut cara kami mengumpulkan data pribadi Anda:

    1. Informasi langsung dari Anda sebagai biller atau pihak yang berwenang dalam pendaftaran akun Anda, misalnya seperti:

      1. Nama Perusahaan/Instansi.

      2. Jenis Perusahaan/Instansi.

      3. Alamat Perusahaan.

      4. Nama Pemiliki

      5. Nama PIC

      6. Nomor Handphone

      7. Email

      8. Foto

    2. Informasi yang dikumpulkan dan di-input oleh biller dalam pendaftaran akun sebagai billee atau pelanggan, misalnya seperti:

      1. Nama Lengkap.

      2. Jenis Pelanggan.

      3. Jenis Kelamin.

      4. Alamat.

      5. Nomor Handphone

      6. Email

      7. Data Tagihan

    3. Informasi yang dikumpulkan terkait penggunaan layanan Platform Kami:

      1. Informasi terkait tagihan seperti jenis tagihan, jumlah tagihan, jadwal pembayaran, tanggal jatuh tempo pembayaran, denda, dan informasi tagihan lainnya.

      2. Informasi riwayat transaksi pembayaran seperti informasi pembayaran tagihan yang dilakukan seperti informasi yang berkaitan dengan pembayaran, jumlah pembayaran yang dibayarkan, dan informasi riwayat pembayaran lainnya.

       
  3. Tujuan Pemrosesan Data Pribadi
    1. Kami hanya akan menggunakan Data Pribadi Anda jika kami telah memperoleh persetujuan Anda atau alasan lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan. alasan lain yaitu:;

      1. Pemenuhan kewajiban perjanjian untuk penyediaan layanan yang tersedia dalam Platform, seperti penggunaan fitur-fitur yang tersedia dalam Platform atau dukungan teknis lainnya;

      2. Pemenuhan kewajiban hukum Kami sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

      3. Pemenuhan tugas dalam rangka kepentingan umum, pelayanan publik, atau pelaksanaan kewenangan Kami berdasarkan peraturan perundang-undangan; dan/atau

      4. Pemenuhan kepentingan sah lainnya dengan memperhatikan tujuan, kebutuhan, dan keseimbangan kepentingan Kami dengan Anda.

    2. Kami memproses data pribadi Anda semata-mata untuk menyediakan layanan Kami, antara lain:

      1. Menyediakan layanan atau fitur yang tersedia dalam Platform Kami termasuk menjalankan transaksi yang tersedia dalam Platform.

      2. Mengelola dan mendaftarkan Anda sebagai pengguna Platform Kami.

      3. Mengadministrasikan dan mengelola informasi yang tersedia dalam Platform.

      4. Mengevaluasi, mengembangkan, dan memperbaharui fitur atau layanan Platform dari waktu ke waktu.

      5. Untuk menjalankan penyelesaian masalah terkait akses Platform (troubleshoot).

      6. Melaksanakan kewajiban atau pelaporan yang diwajibkan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

      7. Berkomunikasi dengan Anda jika Anda menyampaikan pertanyaan, saran, atau Kami perlu menghubungi Anda sesuai dengan kebutuhan Kami, hukum yang berlaku, dan sebagainya.

      8. Menginformasikan setiap perubahan apapun dalam Platform, kebijakan privasi ini, atau syarat ketentuan lain yang berlaku.

      9. Memfasilitasi Kami dalam melakukan verifikasi apapun yang menurut Kami perlu dilakukan sebelum ataupun sesudah menyediakan layanan kepada Anda atau sebelum Kami mendatarkan Anda.

  4.  
  5. Penyimpanan Data Pribadi
    1. Kami berkomitmen untuk menyimpan Data Pribadi Anda dengan perlindungan terbaik selama diperlukan untuk penyediaan layanan Platform Kami.

    2. Kami akan menyimpan data pribadi sebagaimana disebutkan di atas sepanjang hal tersebut dibutuhkan untuk mencapai tujuan data pribadi tersebut dikumpulkan, ketika Anda masih menggunakan layanan atau sepanjang penyimpanan tersebut diharuskan dan/atau diperkenankan sesuai dengan kebijakan retensi data milik BRI serta peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

  6.  
  7. Hak Subjek Data Pribadi
    1. Anda mungkin memiliki hak tertentu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk meminta kepada kami terhadap akses, koreksi dan/atau penghapusan terhadap data pribadi Anda yang berada dalam penguasaan dan kendali kami. Sepanjang hak ini tersedia bagi Anda sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anda dapat melaksanakan hak tersebut dengan menghubungi kami melalui kontak yang tersedia di bagian Hubungi Kami di bawah ini.

    2. Perlu Anda ketahui bahwa kami berhak menolak permintaan Anda terhadap akses, koreksi dari dan/atau penghapusan terhadap sebagian atau semua data pribadi Anda yang kami kuasai atau kendalikan jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini termasuk dalam keadaan di mana data pribadi tersebut berisi data pribadi orang lain atau permintaan untuk akses atau permintaan untuk mengoreksi atau menghapus adalah untuk alasan yang kami anggap tidak relevan, tidak serius, menyulitkan, atau tidak berkepentingan.

  8.  
  9. Hubungi Kami

    Untuk detail lebih lanjut tentang bagaimana kami akan menggunakan data pribadi Anda silakan lihat kebijakan privasi umum Kami pada link berikut #KebijakanPrivasi dan Informasi lebih lanjut silahkan hubungi di nomor hotline 08041000500 (Senin - Jumat jam kerja 06.00 s.d 18.00 WIB) atau email ke helpdesk.NIK@bri.co.id.

  10.  
  11. Pengakuan dan Persetujuan
    1. Dengan menggunakan layanan kami, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui segala ketentuannya. Secara khusus Anda memberikan persetujuan kepada Kami untuk mengumpulkan, menggunakan, membagikan, mengungkapkan, mentransfer, menyimpan atau memproses Data Pribadi Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.

    2. Dalam keadaan di mana Anda menyediakan kepada kami Data Pribadi yang berkaitan dengan individu pihak lain. Maka Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah memperoleh persetujuan dari individu tersebut untuk, dan dengan ini menyetujui atas nama individu tersebut untuk melakukan pemrosesan data pribadi yang antara lain meliputi pengumpulan, penggunaan, pengungkapan dan pengolahan data pribadi oleh Kami.

    3. Kebijakan Privasi ini dapat diubah atau diperbarui dari waktu ke waktu untuk memastikan kesesuaian dengan perkembangan layanan kami di masa depan dan/atau perubahan persyaratan hukum atau peraturan. Kami menyarankan Anda agar selalu membaca secara seksama dan memeriksa halaman ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan Kebijakan Privasi Kami. Dalam hal Kami melakukan perubahan atau pembaharuan Kebijakan Privasi ini, kami akan memberitahu Anda perihal perubahan tersebut melalui pemberitahuan umum yang dipublikasikan melalui alamat email Anda yang terdaftar, dan/atau media lainnya. Anda mengakui bahwa dengan Anda terus mengakses atau menggunakan website Kami setelah adanya perubahan atau penampilan terhadap Kebijakan Privasi ini akan dianggap sebagai persetujuan Anda terhadap Kebijakan Privasi ini dan segala perubahannya.

  12.  
img

Gabung Bersama Kami!

Mau tunggu apa lagi? saatnya untuk bergabung bersama kami dan nikmati keunggulan BRI Smart Billing dengan cepat.